Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Nabi Khidir Tidak Termasuk Kedalam 25 Nabi Yang Wajib Diketahui ?

Banyak pertanyaan tentang Kenpa Nabi Khidir AS. Tidak termasuk kedalam 25 Nabi yang wajib diketahui ? Banyak pula yang menanyakan apakah Nabi khidir tidak termasuk Nabi yang shaleh ?

Seperti yang diketahui, bahwa Nabi dan Rasul jumlahnya ada 25 tetapi itu bukanlah jumlah keseluruhan para Nabi dan Rasul. Jumlah Nabi keseluruhan ada 124.000, dan Rasul jumlahnya ada 315, dan jumlah keseluruhan itu sudah termasuk Nabi Khidir AS. Tetapi Nabi Khidir tidak disebutkan dan dijelaskan secara spesifikasi dalam Al-Qur'an, dan tidak ada penjelasan lengkap tentang kenabian Nabi Khidir AS.

disamping itu telah banyak tokoh yang namana jelas disebutkan dalam AL-Qur'an, Dan sama seperti Nabi Khidir, nama-nama dan tokoh tersebut tidak dijelaskan sebagai Nabi. Contohnya Zul-Qarnain (Al-Kahfi: 83,86,94), Thalut (Al-Baqarah: 247,249), Luqman Al-Hakim (Luqman: 12,13), Imran (Ali Imran: 33,35, 66).
Al-Qur'an ketika memjelaskan kisah dari Nabi Musa AS. dalam kisah tersebut dijelaskan bahwa Nabi Musa bertemu dengan seseorang yang bernama Khidir, Nabi Khidir hanya disebut sebagai "Hamba-hamaba Kami", sama sekali tidak menyebutkan jabatan kenabian bagi beliau. Seperti pada ayat dibawah ini :
"Lalu mereka bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan kepadanya rahmat dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami." (QS Al-Kahfi: 65)
Ayat diatas sangat sama sekali tidak menjelaskan kenabian Nabi Khidir, tetapi ayat diatas masih bisa diartikan secara gamblang bahwa kata Hamba-hamba Kami tersebut adalah hamba pilihan Allah SWT. yang berarti juga Nabi. Meskipun itu masih dari Tafsir dan kesimpulan para ahli Al-Qur'an. Meskipun banyak juga yang tidak sependapat dengan kesimpulan tersebut, yang hanya menyebutkan Nabi Khidir hanyalah orang shalih pada zaman tersebut.

Jumlah Nabi Dan Rasul
Seperti yang banyak diketahui bahwa jumlah Nabi dan Rasul itu sangat banyak dan bukan 25.

Abu Zar bertanya kepada Rasulullah SAW :
"Berapakah jumlah para nabi?" Beliau SAW menjawab, "Mereka berjumlah 124.000 orang, sebanyak 315 dari mereka adalah Rasul." (HR Ahmad dalam musnadnya dan Al-Bani mengatakan bahwa hadits ini shahih).
Mungkin dari banyaknya Nabi adalah Nabi Khidir salah satunya, tetapi yang menjadi pertanyaan, kenapa Nabi Khidir tidak termasuk kedalam 25 Nabi yang wajib diketahui. Padahal kisah Nabi Khidir dalam Al-Qur'an sangat menginspirasi banyak orang, bahkan disebut-sebut sebagai Guru dari Nabi Musa AS.

Hanya Allah SWT yang mengetahui jawabannya, kita sebagai hamba Allah sudah sepatutnya wajib untuk mengimaninya, dan menghormati Nabi Khidir sebagai Nabi dan Hamba pilihan Allah SWT.

Wallahu a'lam bishshawab.
Wassalamu 'alaikum Wr. Wb.

Post a Comment for "Kenapa Nabi Khidir Tidak Termasuk Kedalam 25 Nabi Yang Wajib Diketahui ?"