Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Subhanallah.. Malaikat Maut Menangis Ketika Hendak Mencabut Nyawa Wanita Ini

Malaikat maut dikenal sebagai malaikat yang sangar, karena tugasnya adalah mencabut nyawa hamba Allah, tetapi taukah anda bahwa malaikat maut ini pernah menangis ketika hendak mencabut nyawa seorang wanita. Kisah haru yang tercantum dalam Tadzkirah dari Imam Qurthubi.

Banyak keistimewaan yang terdapat pada diri wanita, seperti yang telah dirangkum pada 55 Keisimewaan wanita. 

“Aku sempat menangis saat mencabut nyawa seorang wanita. Saat itu ia baru saja melahirkan di padang pasir. Aku menangis saat mencabut nyawanya sebab mendengar bayi tersebut menangis serta tidak ada seorang pun ada di sana.”
Tanpa sepengetahuan Malaikat maut, Allah telah menyelematkan bayi tersebut dan tumbuh besar menjadi Ulama yang sangat dicintai oleh Allah.

Dalam kisah lain Malaikat maut pun pernah menangis pula ketika hendak mencabut wanita yang tenggelam beserta kedua bayinya, hingga sebelum mencabut nyawa Ibu tersebut, Malaikat maut atas izin dari Allah menyelamatkan dulu sang Ibu beserta kedua bayinya ke tepian, kemudian mencabut nyawa Ibu tersebut sambil menangis.

Tetapi Malaikat tidak bisa membantah perintah Allah, karena telah jelas tercantum dalam Firman Allah :
وَلِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ فَإِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ
Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka jika telah datang waktunya mereka tidak bisa mengundurkannya barang sesaatpun serta tidak bisa (pula) memajukannya. (QS. Al A’raf: 34)
قُلْ لَا أَمْلِكُ لِنَفْسِي ضَرًّا وَلَا نَفْعًا إِلَّا مَا شَاءَ اللَّهُ لِكُلِّ أُمَّةٍ أَجَلٌ إِذَا جَاءَ أَجَلُهُمْ فَلَا يَسْتَأْخِرُونَ سَاعَةً وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ
Katakanlah: “Aku tidak berkuasa mendatangkan kemudharatan serta tidak (pula) kekegunaaanan terhadap diriku, melainkan apa yang dikehendaki Allah”. Tiap-tiap umat mempunyai ajal. Jika telah datang ajal mereka, maka mereka tidak bisa mengundurkannya barang sesaatpun serta tidak (pula) mendahulukan(nya). (QS. Yunus: 49)
وَلَنْ يُؤَخِّرَ اللَّهُ نَفْسًا إِذَا جَاءَ أَجَلُهَا وَاللَّهُ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ
Dan Allah sekali-kali tidak bakal menangguhkan (kematian) seseorang jika telah datang waktu kematiannya. Serta Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjakan. (QS. Al Munafiqun: 11)

Meskipun Malaikat maut iba bahkan kasiahan karena telah mencabut nyawa ibu mereka, tetapi nyawa yang telah dijadwalkan untuk dicabut tidak bisa diakhirkan atau dimajukan, semua telah tercatatan, dan karena Mati, jodoh dan celaka sudah tertulis disana sebagai rahasia Allah.

Dan untuk itu kita sepatutnya untuk lebih siap menyambut kematian, karena pasti tidak akan ada satu makhluk pun yang akan terlewat oleh kematian, semua pasti kembali kepadaNya, cepat atau lambat.

Semoga kita semua ada dalam lindungan dan kasih sayang Allah ketika menjelang ajal. aamiin,

Post a Comment for "Subhanallah.. Malaikat Maut Menangis Ketika Hendak Mencabut Nyawa Wanita Ini"